«Menghargai Orang Lain»

(*) Rubrik Kata Mutiara

«Menghargai Orang Lain»

:) “This is the final test of a gentleman. His respect for those who can be no value to him” – Inilah ujian akhir dari seorang pria sejati. Bagaimana dia menghargai orang-orang yang tidak terlalu penting baginya. (William Phelps)

:) Kebanyakan orang suka bergaul atau bekerjasama dengan orang-orang yang setaraf dengannya. Itulah sebabnya, jika bertemu dengan orang yang lebih rendah, terkadang muncul sikap meremehkan orang lain.

:) Padahal, menghargai orang lain atau memberi respect merupakan keutamaan yang penting dalam hidup. Sekalipun pembantu, office boy atau pesuruh yang bertugas melayani kita, mereka adalah pribadi yang tetap patut mendapat penghargaan dan sapaan kita.

:) Itulah karakter yang diharapkan ada dalam diri kita sebagai seorang manusia yang beradab dan juga beriman. Seperti pepatah dalam bahasa Latin yang dicetuskan oleh Driyarkara (1913 – 1967): “homo homini socius” yang berarti manusia menjadi sahabat bagi sesamanya.

:) Sesama siapapun mereka, apapun jabatan dan pekerjaannya patut kita hormati dan hargai. Ingatlah apa yang diungkapkan oleh Ibu Teresa dari Kalkuta (1910 – 1997): “Jangan biarkan orang datang menemuiku jika saat dia pergi tidak menjadi lebih baik dan bahagia.”

<3 PERCIKAN HATI
«Kamis, 7 April 2016»

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget