Menjadi Orang Tua Yang Luar Biasa

(*) Hidup Keluarga
Menjadi Orang Tua Yang Luar Biasa
“Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketentraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu.” (Amsal 29:17)
:) Beberapa hal yang dapat membantu kita untuk belajar menjadi orang tua yang luar biasa, demi pertumbuhan anak-anak kita, yakni;
:) Pertama. Tahu kapan harus melepaskan. Ada saatnya orang tua membiarkan anaknya melakukan beberapa hal sendiri. Intinya, selagi itu adalah hal baik dan wajar, maka berikanlah waktu bagi anak kita agar mereka dapat mencari apa yang mereka sukai dan mencari bakat mereka. Kita harus mendorong anak kita untuk menjadi pribadi yang mandiri, biarkanlah mereka berusaha untuk menyelesaikan masalahnya sendiri dan mencari jalan atas kesulitan yang mereka hadapi. Hal ini akan membantu mereka menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan pribadi yang tidak mudah putus asa.
:) Kedua. Punya waktu luang. Sesibuk apapun kita sebagai orang tua, janganlah membiarkan keluarga kita. Ingatlah kita masih punya tanggung jawab di rumah. Kasih sayang orang tua tidak dapat digantikan oleh siapapun. Sediakanlah waktu untuk anak-anak kita, karena hal ini bisa membantu kita untuk memahami lebih dekat sifat dan keinginan anak kita.
:) Ketiga. Menjadi teladan yang baik. Setiap orang tua, ingin anaknya bertumbuh menjadi anak yang baik dan berbakti. Karena itu, sebagai orang tua, kita harus memberikan teladan yang baik bagi anak-anak kita. Ajarkanlah kepada mereka tentang nilai-nilai kehidupan yang perlu mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jika kita sudah membiasakan dari kecil kepada anak-anak kita hal-hal yang baik, maka itu akan menjadi kebiasaannya.
:) Anak-anak adalah berkat yang luar biasa yang telah diberikan Allah bagi kita, karena itu kita sebagai orang tua harus bertanggung jawab atas pertumbuhan anak-anak kita. (y)
PERCIKAN HATI <3
Kamis, 19 Januari 2017

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget