SELALU DIANGGAP SALAH

Motivasi Rohani
SELALU DIANGGAP SALAH
------------------
“Frusta laborat 
qui omnibus placere studet” – sia-sia
yang bekerja untuk berusaha memuaskan semua orang. 
-------------------
:) Pernahkah  kita mengalami bahwa apa yang kita kerjakan itu dianggap salah, padahal kita sudah berjuang sekuat tenaga untuk kebaikan bersama.
:) Pengalaman seperti ini bukan barang baru, sebab yang namanya “kritik” atau “tidak puas” itu sudah ada sejak dulu kala.
:) Coba kita baca kalimat singkat ini, “Hari ini saya akan berhadapan dengan orang-orang yang terlalu banyak bicara. Orang-orang yang mementingkan diri sendiri, egoistis dan tidak tahu berterima kasih. Tetapi saya tidak akan terkejut dan tidak akan ambil pusing, sebab saya tidak bisa membayangkan bagaimana jadinya dunia ini tanpa orang-orang semacam itu”.
:) Lantas saya bertanya, “Kata-kata tersebut  di atas sepertinya dibuat pada zaman modern bukan?” Padahal sebenarnya ditulis oleh Marcus Aurelius (121 – 180) seorang arif  bijaksana yang pernah memerintah kekaisaran Roma.   “Nil novi sub sole” – Tidak ada yang baru di bawah matahari (Pkh 1: 9).
:) Untuk menanggapi ucapan kaisar yang arif itu,  baiklah kita membaca ungkapan  Ralp Waldo Emerson (1803 – 1882 ), “Whatever course you decide upon, there is always someone to tell you that you are wrong” – Mana pun jalan yang Anda pilih, pasti ada seseorang yang mengatakan Anda salah.  Jadi memang, kita tidak perlu ragu-ragu untuk melangkah jika menghadapi banyak  omongan dan kritikan.
:) Ketika kita berkarya, berkaryalah dengan sepenuh hati. Kita boleh bersyukur,  bila bisa mengerjakan dengan sebaik mungkin, “to get things done”.
:) Dan perkerjaan yang kita laksanakan dengan sekuat tenaga akan membuat diri kita lega,“sense of fulfillment” – rasa diri berarti. (y)
PERCIKAN HATI<3
Senin, 02 Januari 2017

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget