CAHAYA SABDA,Kamis 26 Januari 2017

Kamis Pekan Biasa III
PW S. Timotius dan Titus, Uskup

Bacaan Pertama, Ibr 10:19-25
Marilah kita berpegang teguh pada harapan!
Marilah kita saling memperhatikan dan saling mendorong dalam cinta kasih.

Mazmur, Mzm 24:1-2.3-4ab.5-6
R:6 Itulah angkatan orang-orang yang mencari wajah-Mu, ya Tuhan.

Bait Pengantar Injil, Luk 4:18-19
Tuhan mengutus aku menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin
dan memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan.

Bacaan Injil, Mrk 4:21-25
Pelita dipasang untuk ditaruh di atas kaki dian.
Ukuran yang kamu pakai akan dikenakan pula padamu.

Renungan:
Ketika mengadakan piknik Komunitas keliling Danau Toba selama dua hari satu malam, saya senang sekali menikmati ayunan air di danau Toba yang memanjakan mata. memandang alam semesta dalam perjalanan dari Sirungkungan menuju Pasir Putih, sekitar dua jam di dalam kapal. sambil tertawa ria, saya mengambil waktu memotret matahari terbenam di Danau toba yang indah, terkadang menampilkan pemandangan dengan warna pastel lembut dan kadang kala matahari yang begitu cerah dengan garis-garis tajam. Tetapi adakalanya matahari begitu tenang dan bersembunyi dibelakang danau dan kadang kala turun seperti api yang menyala-nyala dengan dasyat dan begitu perkasanya. Posisi matahari selalu di atas sehingga mampu menyinari jagat raya ini. Pernahkah kita bayangkan, bagaimana jadinya bumi ini jika tanpa kehadiran matahari?
     Tuhan Yesus bersabda: "Pelita harus ditaruh di atas kaki dian!". Hal ini mengajarkan supaya  orang Katolik menjadi terang dan garam dunia. Otensistas atau jati diri kita adalah terang. Terang itu harus ditampakkan. Apapun tugas dan status kita, hendaklah kita
menunjukkkan jati diri sebagai orang Katolik. Hidup dalam jati diri berarti hidup dalam dorongan Roh. Ini tidak mudah, butuh komitmen, tetapi buahnya melegakan dan menentramkan hati. Marilah menjadi pelita di mana kita berada, menunjukkkan cahaya dalam kegelapan.

"Orang yang mampu memancarkan cahaya adalah mereka yang memiliki jiwa yang bersinar."


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget