PATUNG SANTO JOSEPH TIDUR

PATUNG SANTO JOSEPH TIDUR

Dalam tidurnya, ia menemukan jawaban....

Orang katolik memiliki banyak symbol dan kekayaan iman. Salah satunya adalah Patung Sleeping St. Joseph (Santo Yoseph Tidur). Mungkin kita tidak begitu familiar dengan patung ini.

Patung Sleeping St. Joseph mulai diperkenalkan Paus Fransiskus ketika mengunjungi Filipina, tahun 2015. Dalam pertemuannya dengan keluarga-keluarga katolik Filipina, Paus berkata, “Saya mau menceritakan sesuatu yang sangat personal. Saya sangat mencintai Santo Yoseph.  Dia adalah pribadi kuat dalam diamnya. Di meja saya, saya mempunyai sebuah patung Santo Yoseph yang sedang tidur. Meskipun ia tidur, ia melihat Gereja. Dia bisa melakukan hal itu. Ketika saya mempunyai masalah atau kesulitan, saya menuliskan masalah dan problem saya dalam secarik kertas dan meletakan di bawah patung itu sehingga ia bisa memimpikan semua itu. Ini berarti, marilah kita berdoa kepada St Yoseph ketika kita menemukan kesulitan dan masalah hidup.”

Dalam tidurnya, St. Yoseph menemukan jawaban dari kesulitan dan masalah yang ia hadapi. Dia sedang menghadapi masalah pelik dengan tunangannya, Maria yang hamil bukan darinya. Dalam tidur malamnya, Tuhan menunjukkan solusi atas permasalahan, lewat seorang malekat yang berkata; “Yoseph anak Daud, jangan takut mengambil Maria sebagai isterimu, karena anak yang dikandung berasal dari Roh Kudus (Mat 1:20). Hal yang sama ketika Yesus lahir dan Herodes ingin membunuhnya, Yoseph menemukan jawaban dalam tidurnya, ”Bangunlah! Ambillah anak itu beserta ibunya dan mengungsi ke Mesir, dan tinggal di sana sampai Saya memerintahkanmu, sebab Herodes mau mencari dan membunuh anak itu.

Dalam hidup kita, kadang kita menghabiskan tidur malam dengan begitu cemas memikirkan permasalahan kita. Santo Yosep mengingatkan kita bahwa istirahat dalam doa menjadi lebih baik untuk mendengarkan suara Tuhan. Kita tidak hanya seperti meletakan masalah kita di bawah bantal ketika tidur, kita diajak oleh dan bersama Santo Yoseph untuk percaya bahwa kuasa Tuhan akan memberi jalan keluar atas segala persoalan dan masalah yang kita hadapi.

Doa Kepada Santo Yoseph Tidur

Ya, Santo Yoseph, penjaga yang setia dan pribadi yang teguh di hadapan Allah. Aku menyerahkan kepadamu segala keinginan dan kerinduanku. Pandanglah aku anakmu dan bantulah aku dengan kekuatanmu.

Ya, Santo Yoseph yang tulus dan setia, dengarkanlah doa dan permintaanku. Berikanlah kepadaku berkat rohani Putera-Mu Yesus, sehingga dengan meletakan segala harapanku di bawah kuasa surgawimu, aku boleh mendapatkan berkat dan rahmat yang aku butuhkan terutama dalam menghadapi masalah (…..).

Ya Santo Yoseph, Aku tidak pernah lelah merenungkanmu bersama Yesus yang tidur di lenganmu. Yesus ada selalu di hatimu. Biarlah aku juga selalu ada di hatimu. Dengarkan doa dan kerinduanku, serta hantarkan kepada Yesus Putera-Mu, Tuhan dan pengantara kami.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget