πŸ‘«10 Cara Mendidik Anak Secara Rohani :

👬Ada banyak cara yang telah dibuat oleh para orang tua mendidik anak mereka secara rohani.

👭Saya mencoba men-share-kan 10 cara bijak yang barangkali bukan hal yang baru untuk kita :

👫1. Janganlah anda menyuruh mereka pergi ke Gereja tapi anda tidak pergi dan tinggal di rumah. Sebaliknya anda juga harus ikut bersama mereka ke Gereja.

👬2. Kalau para orang tua sering mengajak anak-anak ke plaza, mal atau tempat rekreasi yang lain, sekali-kali ajak mereka ke toko rohani yang akhir-akhir ini juga semakin menjamur di tempat kita.

👭3. Kalau selama ini anda sering memberi hadiah berupa jam tangan, Hp ( Blackberry, Samsung, Oppo dan Gadget lainnya ), baju dan sepatu mahal, sekali-kali apa salahnya anda memberi barang-barang rohani yang jauh lebih murah sebagai hadiah seperti buku-buku doa, rosario, salib, kalung dengan gambar Yesus dan Maria serta orang kudus yang lain.

👫4. Kalau para orang tua sering-sering menghabiskan waktu membaca koran dan majalah, coba luangkan waktu membaca Kitab Suci, majalah rohani dan anak-anak akan meniru anda.

👬5. Banyak dari antara orang tua senang menonton filem atau sinetron, sekali-kali bagus juga bila anda menonton siaran yang bertajuk rohani dan anal-anak akan juga menikmatinya pelan dan pasti.

👭6. Lumrah bila di rumah, anggota senang berbicara tentang idola seperti artis dan aktor, warnailah sekali-kali pembicaraan tentang Yesus, Maria, orang kudus, Natal, Paskah atau hal rohani yang lain.

👫7. Coba cek kamar anak-anak anda , mungkin di dinding tertempel idola mereka seperti, David Beckam, Justine Bieber, Taylor Swift atau yang lain , coba tempelkan juga barang rohani seperti gambar Yesus, salib atau gambar Kitab Suci.

👬8. Anda sering mengajari anak-anak anda lagu Pop, lagu dangdut, coba ajari juga mereka menghafal lagu rohani dan doa-doa.

👭9. Para orang tua memberi contoh yang baik dengan berdoa pada saat-saat tertentu ( sebelum dan sesudah bangun ) dan coba beri kesempatan kepada anak anda untuk memimpin doa.

👫10. Berikan "doktrin" yang membantu mereka menjadi orang yang beriman. Tanamkan ajaran kasih dan bukan kebencian , kelemahlembutan dan bukan kekerasan.

👪Inilah saran bijak tetappi kalau kita orang tua tidak memberi hati dan waktu semua aka sia-sia.

👪Maka berilah sedikit waktu dari kesibukanmu maka anak-anak anda akan semakin mengerti iman mereka.

👪Para orang tua sering mengeluh anak-anak tidak tertarik ke Gereja, tidak suka membaca Kitab Suci, tidak hafal doa-doa dan tidak pernah berdoa. Apakah anda pertama telah melakukan ini semua ?

👪Maka janganlah pertama mempersalahkan anak-anak, tetapi mari kita , para orang tua bertanya diri , "APAKAH KITA SUDAH MEMBERI TELADAN DAN HATI UNTUK MEREKA ? Semoga.

🙋Semoga bermanfaat ...

🙏 Romo Yos'Ivo Ofmcap Yosin.

🍅Met pagi / siang ...
🍏Met beraktivitas ...
🍊Damai sejahtera bagi kamu ...
🍇God Bless You.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget