Jangan Sampai Menjadi Kebiasaan Kita

(*) Cerita Bermakna

Jangan Sampai Menjadi Kebiasaan Kita

:)Sang ayah mengajak anaknya yg agak nakal dan mempunyai kebiasaan buruk utk pergi ke kebun. Sesampainya di kebun, sang ayah memperhadapkan tiga pohon pd anaknya. Kemudian, sang ayah berkata kepada anaknya, “Nak, cobalah Anda mencabut pohon yg kecil itu.” Segera anak itu mencabutnya dgn menggunakan satu tangan. Lalu Sang ayah menyuruhnya untuk mencabut pohon yg kedua, yg lebih besar dari sebelumnya. Segera anak itu mencabutnya, namun dgn menggunakan kedua tangannya, karena agak sulit jika ia hanya menggunakan satu tangan. Kini tiba pada pohon yg ketiga, yg sangat besar. Sang ayah lalu menyuruh anaknya untuk mencabut pohon itu. Mendengar hal itu, dgn suara yg agak besar, anak itu berkata, “Yg benar saja ayah, itu kan pohon yg besar, walaupun ayah membantu saya untuk mencabutnya itu pun tdk akan bisa.”

:) Mendengar perkataan anaknya, sang ayah tersenyum dan berkata, “Benar nak, kita tak bisa mencabut pohon itu. Berbeda dgn pohon-pohon yg sebelumnya, yg dgn mudah bisa di cabut, karena masih kecil. Tahukah nak, pohon yg pertama dan kedua itu, sama halnya dgn sesuatu yg belum lama kita biarkan, itu masih bisa dihilangkan dgn mudah. Akan tetapi, sesuatu yg telah lama kita biarkan, akan berkembang dan itu akan susah dihilangkan, sama halnya dgn pohon yg besar itu, yg tak bisa kita cabut.”

:) Sahabat, apa yg dikatakan oleh sang ayah memang benar. Maksudnya adlh janganlah membiarkan kebiasaan-kebiasaan buruk mendarah daging dlm kehidupan kita, karena semakin lama kita membiarkannya, akn semakin sulit kita menghilangkannya. Cara yg tepat yg perlu kita lakukan adlh, tidak melakukan hal-hal yg buruk, agar itu tdk akan menjadi kebiasaan kita. Dan mulailah untuk mengubah hidup kita ke arah yang lebih baik, dengan menjauhi cara-cara yang tidak baik, entah itu yang pernah kita lakukan sebelumnya, atau pun cara-cara yang belum pernah kita lakukan.

PERCIKAN HATI<3 
Senin, 24 Juli 2017

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget