Belajar dari Sebuah Pohon

(*) Cerita Bermakna

Belajar dari Sebuah Pohon

:) Ada seorang ayah dgn puteranya, berbincang-bincang, di bawah pohon. “Anakku,” ucap sang ayah tiba-tiba. Anak usia belasan tahun ini pun menatap lekat ayahnya. Dgn sapaan seperti itu, sang anak paham kalau ayahnya akan mengucapkan sesuatu yg serius. “Adakah pelajaran yg bisa kau sampaikan dari sebuah pohon?” lanjut sang ayah sambil tangan kanannya meraih batang pohon di dekatnya.

:) “Menurutku, pohon bisa jadi tempat berteduh yg nyaman, penyimpan air yg bersih dari kotoran, dan penyeimbang kesejukan udara,” jawab sang anak sambil matanya menanti sebuah kepastian. “Bagus,” jawab spontan sang ayah. “Tapi, ada hal lain yg menarik untuk kita simak dari sebuah pohon,” tambah sang ayah sambil tiba-tiba wajahnya mendongak ke ujung dahan yg paling atas. “Perhatikan ujung pepohonan yg kamu lihat. Semuanya tegak lurus ke arah yg sama. Walaupun ia berada di tanah yg miring, pohon akan memaksa dirinya untuk tetap lurus menatap cahaya,” jelas sang ayah. “Anakku,” ucap sang ayah sambil tiba-tiba tangan kanannya meraih punggung puteranya. “Jadikan dirimu seperti pohon, walau keadaan apa pun, tetaplah lurus mengikuti cahaya kebenaran”.

:) Sahabat, selalu saja ada keinginan yg akan menarik kita untuk melakukan hal-hal yg tdk baik, apalagi, ketika kita diperhadapkan dengan sebuah masalah atau pergumulan hidup, tentunya banyak godaan yang akan mucul dalam pikiran kita untuk membuat kita jatuh pada hal-hal yang tidak baik dan sesat. Mari kita belajar dari pohon, seperti dalam cerita di atas, yang walaupun dalam keadaan apa pun tetap lurus menatap cahaya. Jadi, apapun yang kita rasakan dan alami, entah itu hal yang tidak menyenangkan sekalipun, kita harus terus melihat ke depan dan mengikuti cahaya kebenaran. Tetaplah berpegang teguh untuk melawan godaan-godaan jahat agar kita tidak jatuh pada hal-hal yang menyesatkan.

PERCIKAN HATI<3
Minggu, 30 Juli 2017

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget