Berhati-hatilah

(*) Kebijaksanaan Hidup

Berhati-hatilah

:) Saat berperang di timur tengah tahun 1799, Napoleon Bonaparte bermaksud melepaskan 1200 tentara Turki yang berhasil ditawan Perancis, ketika Perancis berhasil merebut Jaffa. Saat itu Napoleon sedang terserang influenza. Saat menginspeksi pasukan, Napoleon terserang batuk berat hingga ia mengatakan “Ma sacre toux” yang artinya “Batuk sialan”. Namun ternyata perwira pendamping Napoleon merasa ia mendengar bahwa Jenderal mengatakan, “Massacrez Touz” yang artinya “Bunuh semua.” Akibatnya, semua tentara Turki itu dibunuh.

:) Sahabat, sungguh sangat disayangkan, apa yang terjadi dalam kisah ini. Sebenarnya bermaksud baik, tapi akhirnya menjadi suatu peristiwa yang sangat menyakitkan dan sungguh disesalkan. Dalam kisah ini, kita dapat mengambil pelajaran penting, yakni; berkata-katalah dengan baik dan gunakanlah telingamu dengan baik. Karena salah ucap saja atau salah mendengar maksud orang lain, nantinya akan berakibat fatal, entah itu pada dirimu sendiri maupun terhadap orang lain.

:) Jadi, jika Anda tidak ingin hal serupa ini terjadi dalam kehidupan Anda, maka pergunakanlah mulut dan telingamu dengan baik. Ucapkanlah kata-kata yang baik dengan nada yang lembut, agar nantinya tidak ada kesalahpahaman, begitu juga bukalah telingamu dengan baik, agar Anda bisa mengerti dengan jelas maksud yang dikatakan kepada Anda. Fokuslah itu yang terpenting, agar tidak terjadi kekeliruan. Dan biarlah hati yang lembut yang berasal dari Allah bisa ikut berperan dalam setiap kata yang Anda ucapkan dan dalam setiap hal yang Anda dengarkan, agar hal-hal yang buruk tidak akan terjadi.

PERCIKAN HATI<3
Rabu, 19 Juli 2017

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget