Yoh.16:23b-28, Bacaan dan renungan Sabda Tuhan hari Sabtu pekan Paskah ke-6, 23 Mei 2020

Selamat pagi 🌻

"Sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah."
         (Yoh 16:23b-28)

Karena KasihNya maka kita diselamatkan. Oleh karenanya hiduplah dalam kasih dan senantiasa mengasihi πŸ“.

Berkah Dalem ✝️

゚+。☆*゜+。.。:.*.゚ ゚¨οΎŸοΎŸ・*:..。o○☆゚+。

Yoh.16:23b-28 ~ Sabtu
"Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku."
Bapa TAHU kebutuhan kita, tapi kita KITA HARUS MEMINTA DALAM NAMA YESUS sebagai PENGANTARA. Roh Kudus akan mengajar kita, BAGAIMANA kita meminta yang TEPAT dan APA yang harus diminta. DOA PERMOHONAN harus dilandasi oleh IMAN dan bukan oleh keinginan hati yang TAMAK dan SERAKAH.
Saudaraku, apakah Anda berdoa dan memohon apa yang Anda INGINKAN atau apa yang Anda BUTUHKAN?
JLU.
゚+。☆*゜+。.。:.*.゚ ゚¨οΎŸοΎŸ・*:..。o○☆゚+。

Bacaan dan renungan Sabda Tuhan hari Sabtu pekan Paskah ke-6, 23 Mei 2020

MEMAKAI NAMA YESUS

Renungan kita pada hari ini bertema: Memakai Nama Yesus. Jabatan sebagai pastor paroki membuat seorang imam sangat spesial. Umat sering menganggap bahwa “rekomendasi pastor paroki” merupakan sarana yang penting sekali untuk memudahkan mereka mengurusi banyak hal. Surat keterangan pastor paroki sudah membereskan setengah bagian atau seluruh urusan tertentu.

Misalnya ada orang ingin memasukkan anaknya ke sekolah yang terafiliasi dengan gereja, atau mendapatkan lowongan kerja di perusahaan yang pemiliknya adalah umat paroki. Mereka membawa pesan dan nama pastor paroki dan hasilnya sangat positif. Bisa saja Pastor sendiri yang memberikan rekomendasi. Bisa juga ia tidak mengetahuinya, tetapi nama dan jabatannya dipakai untuk kepentingan umat atau orang tertentu.

Seperti inilah kalau kita memakai nama Yesus Kristus untuk berbagai kebutuhan yang disampaikan kepada Bapa. Semua doa kita diakhiri dengan “dengan perantaraan Yesus Kristus”, berarti nama Yesus Kristus dipakai. Kita merasa spesial dan terhormat memakai nama-Nya. Dan Yesus sendiri tetap menjadi pelayan kita meskipun Ia sudah bersatu dengan Bapa dan Roh Kudus di surga.

Apakah Yesus mengizinkan kita memakai nama-Nya? Tentu saja. Kalimat dari Injil Yohanes yang baru saja kita dengar menunjukkan bahwa Yesus sendiri meminta supaya kita memakai nama-Nya: apa saja yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, akan diberikan kepadamu. Memakai nama Yesus berarti kita sungguh mengenal dan mengakui Yesus secara benar, sehingga kita percaya bahwa Dia akan memenuhi kebutuhan kita.

Mengetahui dan percaya kepada Dia secara benar dan utuh merupakan syarat yang tak bisa kita remehkan. Atas dasar ini maka Apollos diberikan semua penjelasan secara menyeluruh tentang Yesus Kristus, supaya ia dapat memakai nama Yesus secara benar dalam seluruh kegiatan pewartaannya. Kita juga mengambil tanggung jawab untuk memakai nama Yesus secara benar, dengan maksud yang benar agar nama Tuhan dimuliakan dan iman kita diperkuat.                                                 

Kita harus bisa menghindari memakai nama Yesus secara sembarangan, misalnya mencatut istilah profan pada nama-Nya. Kita tidak boleh memakai nama Yesus untuk meminta sesuatu yang curang, jahat atau melawan kemanusiaan. Kita juga harus menghindari menggantikan posisi nama Yesus dengan nama orang kudus lain termasuk Bunda Maria, karena nama Yesus itu satu-satunya perantara kita kepada Bapa.

Marilah kita berdoa. Dalam nama Bapa... Ya Tuhan Yesus Kristus, kuatkanlah pikiran dan hati kami untuk senantiasa memakai nama-Mu secara benar setiap kali kami berdoa dan memohon kepada Bapa. Semoga kami menaati dengan setia perintah-perintah-Mu dan memuji-Mu penuh dengan semangat iman kami, kini dan sepanjang masa. Amin. Salam Maria... Dalam nama Bapa...

゚+。☆*゜+。.。:.*.゚ ゚¨οΎŸοΎŸ・*:..。o○☆゚+。

PENUHLAH SUKA CITAMU
( Yohanes 16 : 23-28 )

Penggunaan kiasan oleh Yesus menunjukkan kondisi rohani murid-murid-Nya yang tidak dapat memahami kebenaran rohani
Hanya dengan pertolongan Roh Kudus dalam hati mereka yang membuat para murid Yesus paham, dalam arti tahu dan sadar bahwa Allah benar-benar mengasihi mereka didalam Yesus utusan-Nya
Ketika itulah terjalin hubungan iman dan kasih para murid dengan Yesus. Pada saat itulah kata-kata Yesus akan menjadi jelas, hubungan doa menjadi hidup, serta pengenalan tentang status dan peran Yesus menjadi nyata pula 
Memahami dan mempercayai Yesus bukan sekadar pemahaman intelektual dan teoritis. Memahami dan memercayai Yesus adalah pengalaman hidup bersandar kepada firman-Nya yang akan terus-menerus dijelaskan artinya oleh Roh Kudus yang hadir senantiasa dalam hidup kita
Yesus mendorong para murid untuk berdoa kepada Bapa. Jangan ragu-ragu untuk meminta dalam nama Yesus. Orang yang berdoa menunjukkan penyerahan seluruh diri dan hidup mereka kepada Tuhan
Tuhan tidak pernah membiarkan muridNya sendirian. Cinta dan kebaikan Tuhan selalu dirasakan dan dialami oleh orang-orang yang berserah diri. Itulah sukacita hidup kita sebagai seorang murid

゚+。☆*゜+。.。:.*.゚ ゚¨οΎŸοΎŸ・*:..。o○☆゚+。

Sabtu, 23 Mei 2020
Pekan Paskah VI
Novena Roh Kudus(2)

¤ Kis. 18:23-28
¤ Mzm. 47:2-3,4-5,6-7
¤ Yoh. 16:23b-28
"In Nomine Iesu"
~ Dalam nama Yesus ~
   Inilah keyakinan hidup beriman.
   Mengacu pada bacaan Injil hari ini, kita diminta merefleksikan keyakinan hidup beriman atas kehidupan yang dimohonkan dalam nama Yesus.
   Adapun keyakinan hidup beriman yang dapat kita refleksikan, antara lain:
1. Hidup doa
   Doa adalah 'kunci' untuk membuka pintu rahmat Tuhan. Hidup doa yang teratur, membuat kita jadi lebih peka dan makin terbiasa untuk senantiasa mengingat rahmat Tuhan.
   Di sinilah kita diajak untuk terbiasa berdoa dengan tekun supaya pikiran, perkataan dan perbuatan kita sehari-hari tetap terjaga di tengah rutinitas hidup.
2. Hidup karya
   Setiap karya baik bila kita wujudkan bersama dan di dalam nama Tuhan, akan menumbuhkan semangat juang, pantang menyerah, ketegaran serta ketekunan.
   Di sinilah kita diajak untuk meyakini bahwa Tuhan selalu campur tangan dan turun tangan, Dia selalu melihat dan memperhitungkan setiap usaha dalam karya-karya baik kita.
3. Hidup bersama
   Hidup bersama sebagai saudara dalam Kristus merupakan sebuah keutamaan karena mengangkat dan menumbuh kembangkan semuanya dalam hidup persekutuan kasih.
   Di sinilah kita menyadari betapa pentingnya sebuah keramahtamahan dan kebersamaan yang sederhana, yang bersumber dalam dan bersama Kristus karena Kristus begitu ramah dan berkenan hidup bersama dengan manusia yang lemah dan berdosa.
   Saudaraku, lewat kehadiran Yesus yang sungguh Allah dan sungguh manusia, Allah yang jauh itu menjadi Allah yang sangat dekat dalam hidup doa, hidup karya dan hidup bersama.
   Salam Kasih dan Damai Sejahtera Kristus bersama Bunda Maria, selalu menyertai kita sekeluarga yang tekun setia hidup dalam nama Yesus. Amin.DOA:
Yesus, biarlah hanya namaMu saja yang aku muliakan dalam pengalaman hidupku sehari-hari. Amin.
゚+。☆*゜+。.。:.*.゚ ゚¨οΎŸοΎŸ・*:..。o○☆゚+。

Sabtu, 23 Mei 2020
Hari Sabtu Pekan VI Paskah
Novena Roh Kudus hari II

Marilah Berdoa:πŸ”₯πŸ•Š️
Demi nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus, Amin. 
Tuhan curahkanlah Roh Kudus-Mu kepadaku agar aku memahami Sabda-Mu hari ini, bahwa: Para murid perlu belajar menikmati kasih Bapa. Demi Kristus Tuhan kami. Amin.

Bacaan Kitab SuciπŸ“–
1. Kis. 18:23-28
2. Yoh. 16:23b-28
(Mohon teks Kitab Suci dibaca terlebih dahulu)

Memahami InjilπŸ”₯πŸ•Š️
πŸ”₯23b  Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. 
(♡ Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus menghendaki: Setelah Yesus kembali kepada Bapa, para murid di harap memulai babak hidup baru, mengikuti Yesus tanpa kehadiran Yesus secara fisik.
♡ Mereka mengikuti Yesus yang hidup dengan di bimbing oleh Sabda-Nya yang dihidupkan oleh Roh Kudus.
♡ Sehingga relasi yang hidup tetap terjadi antara Bapa, Putra, Roh Kudus dengan para murid, walau tidak ada kehadiran Yesus secara fisik.
■ Bila saat itu terjadi dan para murid meminta segala sesuatu kepada Bapa. Dia akan memberikan dalam nama Yesus.)

πŸ”₯24 Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.
25 Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu. 
(■ Memang Yesus banyak kali mengajar para murid dengan menggunakan kiasan. Namun kali ini Yesus terus terang memberitakan Bapa kepada para murid.
■ Yesus mengharapkan para murid meminta kepada Bapa dalam nama Yesus, sehingga mereka bersuka cita penuh.)

πŸ”₯26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, 
27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah. 
28 Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa.”
(■ Meminta apa kepada Bapa, yang bisa membuat suka cita penuh?
■ Meminta mampu berdoa di dalam nama Yesus dan Bapa menjawab dengan mengasihi para murid, sebab para murid telah mengasihi dan percaya kepada Yesus.
♡ Menikmati momen jalinan kasih, antara  para murid yang mengasihi Yesus dan di susul dengan Bapa mengasihi para murid, inilah yang di sebut: Kontemplasi. Momen ini yang harus di minta para murid kepada Bapa. Momen ini membawa suka cita yang penuh.)

MerenungkanπŸ”₯πŸ•Š️
πŸ•Š️ Menjadi murid Yesus, satu sisi harus bekerja aktif melaksanakan firman-Nya, namun disisi lain harus mampu duduk menikmati jalinan kasih antara Bapa, Putra, Roh Kudus dengan para murid.

πŸ•Š️ Apakah saya setiap hari selain melaksanakan Sabda-Nya, juga mempunyai saat hening untuk duduk menikmati doa Yesus? Doa menyebut-nyebut nama Yesus guna menikmati kasih Bapa kepada saya?

πŸ•Š️ Menjadi murid Yesus, pribadi Maria yang duduk di kaki Yesus untuk menikmati kasih-Nya dan pribadi Martha yang aktif melayani dengan kasih, harus ada di dalam diri kita.

πŸ•Š️ Apakah demikian diri kita?    

Doa PermohonanπŸ”₯πŸ•Š️
Tuhan, utuslah Roh Kudus-Mu kepada kami, agar Roh Penolong membantu kami untuk mampu menikmati kasih-Mu kepada kami.  Kami mohon....

Mohon 7 Karunia Roh Kudus.
1. Datanglah Roh Hikmat. Ajar kami bijak dapat menghargai, mencintai dan mengutamakan cita-cita surgawi dan dengan kekuatan-Mu lepas dari belenggu dunia ini.
2. Datanglah Roh Pengertian. Terangilah budi kami untuk memahami ajaran Yesus dan menghayati di dalam hidup keseharian.
3. Datanglah Roh Nasehat. Bantu kami dalam hidup penuh tantangan ini, tetap melakukan yang baik dan menjauhi yang jahat.
4. Datanglah Roh Keperkasaan. Kuatkan kami yang berpaut pada-Mu agar tabah dalam kesulitan dan derita.
5. Datanglah Roh Pengenalan akan Allah. Ajar kami untuk menyadari bahwa semua yang ada di dunia tidak kekal, agar kami tidak terbuai kemegahan dunia. Namun mampu menggunakan yang fana ini untuk memuji dan memuliakan-Mu.
6. Datanglah Roh Kesalehan. Bimbing kami berbakti kepada-Mu, menjadi orang yang tahu berterima kasih dan  bisa menjadi teladan kebaikan untuk orang-orang di sekitar kami.
7. Datanglah Roh Takut akan Allah. Oleh karena kami mengasihi Engkau, kami takut melukai hati-Mu dengan berdosa dan  kami selalu berusaha menggembirakan Engkau dengan  melakukan tindakan-tindakan yang berkenan kepada-Mu.
Demi Kristus Tuhan kami.
(Putar lagu: Veni Creator Spiritus)

HeningπŸ”₯πŸ•Š️
(Silakan hening barang 15 menit, untuk mengendapkan Sabda Tuhan, bisa sambil menyebut-nyebut nama: Yesus) 

Doa PenutupπŸ”₯πŸ•Š️
Roh Penolong yang hidup, Engkau membuat hidup kami bermakna tidak saja saat kami bekerja, namun juga saat menikmati kasih Bapa. Demi Kristus Tuhan kami. Amin.

Tuhan sertamu – dan sertamu juga.

Semoga Allah yang Mahakuasa senantiasa memberkati Anda, keluarga, komunitas, aktivitas Anda hari ini.

Demi nama Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus. Amin

πŸ”₯πŸ•Š️πŸ™πŸΌ✝πŸ“–πŸ•Š️πŸ”₯
πŸ›πŸ›πŸ›πŸ”œπŸ¦‹πŸ¦‹πŸ¦‹

Teriring doa dari Karmel

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget