Mat 28:16-20 Bacaan Liturgi HR Kenaikan Tuhan dan Renungan


HARI KENAIKAN TUHAN
KAMIS, 21 MEI 2020

Bacaan Liturgi

HR Kenaikan Tuhan

Bacaan Injil
Mat 28:16-20

Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di surga dan di bumi.


Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:

Sesudah Yesus bangkit dari antara orang mati, 
kesebelas murid berangkat ke Galilea, 
ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka.
Ketika melihat Dia, mereka menyembah-Nya, 
tetapi beberapa orang ragu-ragu.
Yesus mendekati mereka dan berkata, 
"Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di surga dan di bumi.
Karena itu pergilah, 
jadikanlah semua bangsa murid-Ku, 
dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu 
yang telah Kuperintahkan kepadamu. 
Dan ketahuilah, 
Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Demikianlah Injil Tuhan.
====================
SIRAMAN ROHANI 
Kamis, 20 Mei 2020                                                                                                         
RP Fredy Jehadin, SVD

Tema: Kenaikan Kristus Ke Surga Adalah Bagian Integral Dari Iman Kita  (Matius 28:16 -20)

Saudara-saudari…. Pesta iman yang kita rayakan hari ini - Kenaikan Yesus Kristus ke surga - sungguh sangat menghibur dan meneguhkan iman kita. Amanat perpisahan Yesus Kristus kini tiba pada puncaknya, bahwa Yesus Kristus harus pergi ke tempat, Ia pernah berada sebelum datang ke dunia ini. Peristiwa kenaikan-Nya ini sungguh menguatkan iman kita, bahwa sesudah kehidupan kita berakhir di dunia ini, kita akan beralih ke dunia baru, di mana Yesus Kristus tinggal. Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus Kristus berkata bahwa di mana Ia berada, Ia menghendaki agar kita pun ada bersama dengan Dia. Yesus Kristus juga sudah berkata bahwa Dia pergi mendahului kita untuk menyiapkan tempat bagi kita masing-masing. Kenaikan Yesus Kristus ke surga, bukan berarti segala tugas pelayanan-Nya sudah selesai. Kenaikan-Nya bukan berarti kini Dia beristirahat. Sama sekali tidak. Dia tetap bekerja untuk kita. Satu pekerjaan yang tetap Dia jalankan sampai sekarang adalah menyiapkan tempat bagi kita masing-masing. Bagaimana Dia menyiapkan tempat untuk kita? Kita semua tidak tahu tetapi satu kenyataan yang harus kita terima adalah bahwa Dia sendiri sudah berkata kepada para murid-Nya: “Aku pergi untuk menyiapkan tempat bagi-mu. Kalau tempatnya sudah siap, maka Aku akan datang memanggil kamu.” Itulah kata-kata Yesus sebelum meninggalkan para murid-Nya dan perkataan-Nya itu adalah benar, karena Dia adalah kebenaran itu sendiri. Kita sangat berterima kasih kepada Kristus karena kita sudah diberi petunjuk yang sangat bagus ke mana arah perjalanan kita sesudah kita meninggalkan dunia ini. Para Rasul dan murid Kristus menyaksikan apa yang dibuat Yesus Kristus. 

Menyaksikan apa yang sudah dibuat Yesus sudah menjadi inspirasi yang sangat kuat bagi mereka. Karena pengalaman dan merasa sangat yakin akan apa yang dikatakan Yesus Kristus itu, maka mereka pun selalu bekerja keras melanjutkan misi keselamatan Kristus dan meyakinkan banyak orang agar mereka pun percaya pada Kristus. 
Pada pesta iman ini, kita kembali diingatkan oleh Yesus Kristus akan tugas dan tanggungjawab kita sebagai murid-Nya, yaitu pergi, menjadikan semua bangsa murid-Nya dan baptiskan mereka dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus; Kita mengajar mereka melakukan segala sesuatu yang telah diperintahkan-Nya kepada kita. Dan satu pernyataan-Nya yang sangat menarik dan meneguhkan kita adalah Dia menyertai kita senantiasa sampai kepada akhir zaman. Pernyataan ini sesungguhnya satu perjanjian Yesus Kristus kepada murid-Nya sebelum meninggalkan mereka. Dia tidak menyertai kita secara fisik, tetapi secara rohani. Itu berarti bahwa Yesus Kristus selalu merasa bertanggungjawab akan hidup kita, terlebih kalau kita selalu setia menjalankan tugas pelayanan-Nya. 

Pertanyaan untuk kita: Apakah kita tetap setia menjalankan tugas yang sudah diperintahkan Yesus Kristus? Pernahkah kita mengalami kehadiran Yesus Kristus di saat kita menjalankan tugas-Nya? Percayakah kita bahwa Yesus Kristus selalu menyertai kita kapan dan di mana saja kita berada? 

Kita berdoa semoga Perayaan Kenaikan Yesus Kristus hari ini menyegarkan kembali iman kita dan menyemangati kita untuk semakin setia dan tekun menjalankan perintah-Nya. 

Kita memohon Bunda Maria untuk mendoakan kita selalu. Amen.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget