Bacaan dan renungan Sabda Tuhan hari Kamis pekan Paskah ke-6, 21 Mei 2020; Hari Raya Kenaikan Tuhan Yesus Kristus



SEMPURNA PADA ANGKA 40

     Renungan kita pada hari ini bertema: Sempurna Pada Angka 40. Seorang lelaki merayakan ulang tahunnya yang ke-40 dan putri sulungnya yang berusia 10 tahun menulis catatan kecil kepadanya. Tulisan itu ditempelkan pada bingkisan kado yang disiapkan ibunya. Bunyi tulisan itu seperti ini: "Bapak sempurna pada angka 40!" Bapaknya bertanya tentang maksud tulisannya, dan bocah itu berharap, agar ayahnya menjadi seorang bapak dan suami yang paling baik.

 Dalam kitab suci kita, angka 40 penting sekali. Maknanya ialah sudah lengkap dan sangat indah untuk dinikmati. Musa pergi ke gunung dan menikmati pertemuannya dengan Allah selama 40 hari. Orang-orang Israel mengembara selama 40 tahun persiapan untuk masuk ke tanah terjanji. Elia berjalan 40 hari di tengah padang belantara menuju ke gunung Tuhan. Selama 40 hari setelah kebangkitan-Nya, Yesus menampakkan diri kepada para rasul-Nya sebelum mengutus mereka ke tengah dunia.

        Kata kunci di sini ialah sudah lengkap dan membuat kita merasa gembira.  Ini berarti kita di-booking lengkap oleh Tuhan dengan tiket-tiket untuk berziarah di bumi ini sebagai pengikut-pengikut Kristus. Dengan begitu kita melangkah dengan optimis menuju ke surga. Yesus naik ke surga sebenarnya untuk memastikan tiket-tiket itu bagi kita. Di dalam tiket itu tertulis beberapa menu santapan rohani yang membuat kita senang menikmati ziarah hidup kita.

         Menu pertama tertulis: “Tuhan yang bangkit selalu menyertai kita saat ini dan sampai sepanjang masa”. Ia naik ke surga namun ia akan selalu hadir bersama kita setiap saat dalam bentuk yang berbeda. Ia menyertai kita dengan Roh Kudus-Nya. Menu kedua tertulis: “Tuhan yang bangkit memperkuat kita untuk melanjutkan karya-karya-Nya”. Kita menjalankan tugas-tugas, pelayanan dan panggilan kita dengan energi Yesus Kristus, gaya Yesus Kristus, hati-pikiran Yesus Kristus dan berwajah Yesus Kristus.

     Menu ketiga tertulis: “Kalian adalah saksi-saksi-Ku ke seluruh pelosok dunia”. Melalui karya pewartaan yang dibantu dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, semua orang di dunia dapat memperoleh dengan mudah pesan-pesan dari Injil. Dan menu keempat tertulis: “Setiap dari kita adalah para utusan resmi Yesus Kristus”. Kita harus konsisten dengan status kita “resmi” ini demi membedakan itu dari pihak-pihak yang terlanjur memakai Kristus untuk kepalsuan atau kepentingan yang bukan Kristiani dan gerejani.

        Kiranya dengan tiket-tiket yang sudah jadi ini kita semakin menyanggupi diri kita untuk menyambut pencurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta dan siap untuk dibimbing-Nya dalam setiap saat hidup kita.

     Marilah kita berdoa. Dalam nama Bapa... Ya Yesus, anugerahkan kami rahmat untuk selalu memandang ke surga sebagai tujuan kami. Salam Maria... Dalam ...


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget