Renungan Harian CAHAYA SABDA 17 Juni 2017, Mat 5:33-37

Sabtu Pekan Biasa X

Bacaan Pertama : 2Kor 5:14-21
Dia yang tidak mengenal dosa, telah dibuat-Nya menjadi dosa bagi kita.

Mazmur Mzm 103:1-2.3-4.8-9.11-12
R:8a Tuhan itu pengasih dan penyayang.

Bait Pengantar Injil : MZM 119:36a.29b
Condongkanlah hatiku kepada peringatan-peringatan-Mu, dan karuniakanlah hukum-Mu kepadaku.

Bacaan Injil : Mat 5:33-37
Aku berkata kepadamu, jangan sekali-kali bersumpah.

Renungan:
Keberanian untuk mengatakan kebenaran atau kejujuran bukan hanya kepada orang lain tetapi juga dalam diri kita sangat diperlukan pada saat ini. Kadang-kadang untuk mencari aman hanya menurut kepada atasan walaupun kita tahu bahwa apa yang dilakukannya adalah salah.  Kita tidak berqni mengatakan jika ya katakan ya, jika tidak katakan tidak. Nilai dan harga kejujuran dan kebenaran sangat mahal.
         Sebuah ilustrasi tentanv melamar pekerjaan katakan saja si A dan si B. Manager mewawancarai dan menyeleksi dari ratusan orang dan hanya satu oranng dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut dan hanya dua calon terbaik dari semuanya. Akhirnya mereka berdua tinggal pada wawncara terakhir karena hanya satu orang yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut. Si A pun dipanggil dalam ruangan. Sudah banyak pertanyaan yang diajukan akhirnya sang manager mengajukan pertanyaan terakhir. Berapa jumlah 1+ 1, si A pun menjawab dengan lantang 2 (dua). Tiba giliran si B ketika dia ditanya dengan pertanyaan yang sama maka apa jawaban si B? Dia menjawab terserah bapak saja dan akhirnya si B yang diterima.
    Nilai kejujuran sangat mahal kita bisa lihat contoh di atas justru mengatakan yang tidak benar yang diterima dalam pelamaran pekerjaan tersebut. Apa sebenarnya yang ada di benak si Manager? Sang Manageer tentu lebih senang bekerja dengan orang yang selalu menurut kepadanya meskipun dia bisa salah daripada orang yang mengatakan yang sebenarnya. Apakah kita berani mengatakan ya jika ya dan tidak jika tidak?

"Keberanian untuk mengatakan ya katakan ya, jika tidak katakan tidak."

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget