Renungan Harian CAHAYA SABDA, 14 Juni 2017

Rabu Pekan Biasa X

Bacaan Pertama : 2Kor 3:4-11
Kami dijadikan pelayan suatu perjanjian baru, bukan yang terdiri dari hukum yang tertulis, melainkan dari Roh.

Mazmur : Mzm 99:5.6.7.8.9
Kuduslah Engkau, ya Tuhan Allah kami.

Bait Pengantar Injil : Mzm 25:4c.5a
Tunjukkanlah lorong-Mu kepadaku, ya Tuhan, bimbinglah aku menurut sabda-Mu yang benar.

Bacaan Injil : Mat 5:17-19
Aku datang untuk menggenapi hukum.

Renungan:
Dalam Injil hari ini Yesus berkata "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat dan kitab para Nabi, melainkan untuk menggenapinya".
Keunggulan hidup beriman bukan hanya aturan sebagaimana disabdakan oleh Yesus, tetapi penghayatan dan pelaksanaannya. Kita diajak menjadi pelaksana aneka aturan dan tatanan hidup daripada mendiskusikannya. Kita  mulai dulu dengan melaksanakan aturan sebagaimana tertulis di dalam aneka macam bentuk aturan hidup harian kita termasuk kemasan barang, makanan, minuman, obat dan lain-lain yang menjadi kebutuhan kita. Jika dalam hal-hal kecil dan sederhana kita dapat melaksanakan dengan baik, maka kita akan mampu dan lebih mudah melaksanakan aturan atau tatanan hidup lebih besar dan sulit. Misalnya di dunia pendidikan peserta didik dibiasakan untuk mentaati dan melaksanakan aturan sekolah dan tentu saja dengan teladan para pendidik, demikian juga anak-anak di dalam keluarga dengan teladan para orangtua.
       Yesus mengajarkan para murid-Nya untuk memahami, menghayati, mengamalkan, serta mengajarkan hukum Tuhan dalan keutuhannya. Kita tidak boleh menikmati sabda-Nya hanya pada hal-hal yang menarik atau sekiranya sesuai dengan keadaan kita, misalnya karena sabda itu menghibur kita. Kita tidak boleh mengabaikan bagian-bagian dari sabda-Nya yang mengecam atau yang menuntut perubahan sikap hidup yang radikal dari pihak kita. Janganlah kita membawa prinsip suka tidak suka ketika kita mengecap sabda Allah. Menghayati dan mengamalkan cinta kasih dan pengorbanan merupakan bentuk nyata ikut ambil bagian dari misi  Yesus yang datang justru untuk menyempurnakan Hukum Taurat dan Kitab Para Nabi. Maka tugas kita adalah menggenapi hukum cinta kasih dalam hidup harian kita.

"Taat dan menghayati aturan"

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget