Renungan Harian "CaHAYA SABDA" 06 Juni 2017

Selasa Pekan Biasa IX
PF S. Norbertus, Uskup

Bacaan Pertama : Tb 2:10-23
Semakin aku diolesnya dengan obat, semakin buta mataku, karena bintik-bintik putih itu.

Mazmur : Mzm 112:1-2.7bc-8.9
R:7c Hati orang jujur teguh, penuh kepercayaan kepada Tuhan.

Bait Pengantar Injil : Ef 1:17-18
Semoga Bapa Tuhan kita Yesus Kristus menerangi mata budi kita
agar kita mengenal harapan panggilan kita.

Bacaan Injil : Mrk 12:13-17
Berikanlah kepada kaisar apa yang menjadi hak kaisar, dan kepada Allah apa yang menjadi hak Allah.

Renungan :
Kritis dan bijaksana, itulah yang kita lihat pada sosok Yesus. Khususnya tatkala Ia menghacapi jeratan orang Farisi dan Herodian, untuk menjatuhkan Yesus termasuk imam-imam kepala, ahli-ahli Taurat dan tua-tua Yahudi yang sakit hati terhadap Yesus (Lihat Mark 11:27-12:12). Mereka menjerat Yesus dengan satu pertanyaan jebakan, dibolehkan atau tidak membayar pajak kepada Kaisar? Jika Yesus menjawab boleh, maka orang-orang Farisi akan menyebarkan jawaban Yesus kepada orang banyak dan popularitas Yesus di hadapan umat Yahudi akan hancur. Jika Yesus menjawab tidak boleh, maka orang Herodian yang setia kepada Herodes dan Yesus akan segera ditangkap serta diadili.
       Dalam kehidupan kita mungkin ada banyak hal yang dapat menjebak kita, yang menjebloskan kita ke dalam kehidupan yang penuh persoalan. Sebelum mengambil sebuah keputusan, kumpulkan semua data yang diperlukan dan pertimbangkan masak-masak segala kemungkinan alternatif pemecahan masalah dan konsekuensinya yang mungkin muncul. Berdiam dirilah sejenak sambil berdoa memohon kebijaksanaan dan pilihan yang tepat kepada Tuhan sebelum membuat keputusan akhir.
      Maka manis jangan langsung ditelan, pahit jangan langsung dimuntahkan. Waspadalah terhadap ucapan atau perkataan seseorang. Jika itu sanjungan, jangan langsung disambut dengan antusias. Namun jika itu kritik pedas juga jangan langsung ditolak dengan tegas.

"Manis jangan langsung ditelan, pahit jangan langsung dimuntahkan karena selalu ada sisi positifnya."

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget