Menguasai Diri

Rubrik Inspirasi Kitab Suci

Menguasai Diri

“Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.” (1Ptr. 4:7)

Kita tentu pernah merasa panik dan cemas, apalagi jika berhadapan dengan masalah yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Kita menjadi tidak tenang, resah dan gelisah karena kesulitan yang tiba-tiba hadir itu.

Pada saat demikian, kebanyakan dari kita tidak dapat mengambil keputusan yang tepat hanya karena terlampau dikuasai oleh rasa panik dan cemas. Kita sulit untuk menguasai diri karena terlalu fokus pada masalah.

Rasul Petrus mengingatkan kita bahwa dalam keadaan sulit seperti itu, hendaknya kita mampu menguasai diri dan tetap bersikap tenang. Jangan lupa bahwa Tuhan tentu punya kuasa yang lebih besar daripada masalah yang sedang menimpa hidup kita.

Untuk itu, dalam masalah pelik sekalipun, mari kita belajar untuk menguasai diri. Ingatlah untuk selalu memohon kekuatan dan penyertaan Tuhan dalam doa. Bahkan jika kita sulit untuk berkata-kata, berikanlah waktu hening sejenak untuk berdiam diri dalam hadirat Tuhan.

Percayalah hati yang tenang dan yang selalu berserah pada Tuhan, pasti bisa melihat jalan keluar yang terbaik, yang selalu disediakan Tuhan bagi orang yang berserah kepada-Nya. 

PERCIKAN HATI
Selasa, 24 November 2015

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget