Hormatilah Orang Lain

Rubrik Kebijaksanaan Hidup

Hormatilah Orang Lain

Dimanapun kita berada, ada satu prinsip dasar yang hendaknya selalu kita pegang: kita tidak bisa hidup tanpa orang lain. Kehadiran orang lain amat penting artinya untuk kita. Oleh sebab itu, hormatilah dan belajarlah bersama orang lain.

Hormatilah orang yang kita temui bukan karena orang itu punya uang, kuasa atau wibawa, tapi pertama-tama karena orang itu adalah manusia. Kita menghormati sesama karena tentu kita pun ingin diperlakukan demikian oleh orang lain. Itulah hak asasi setiap orang yang hendaknya selalu kita ingat.

Bila kita mau menghormati orang lain apapun statusnya, maka itu berarti kita telah belajar untuk mengurangi keegoisan dan kesombongan diri.
Bahkan ketika berhadapan dengan anak kecil atau dengan orang yang kemampuannya jauh di bawah kita, kita justru sedang diajak untuk belajar sesuatu. Dari anak kecil kita diajar untuk bersikap polos, lugu serta tampil apa adanya. Dari orang yang kemampuannya tidak lebih baik dari kita, kita ditantang untuk rendah hati, mau mendengarkan orang lain, serta bersikap dan berpikir sederhana.

Sahabat, mari perlakukan orang-orang di sekitar kita sebagaimana kita ingin diperlakukan. Tunjukkanlah rasa hormat kita kepada sesama dengan tutur kata yang sopan, senyuman yang tulus, sapaan yang menyejukkan hati. Kasih dan perhatian tulus yang kita berikan tentu akan menunjukkan kualitas kita sebagai manusia yang beradab dan beriman.
PERCIKAN HATI
Rabu, 25 November 2015

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget