Kontrol Diri

(*) Rubrik Kebijaksanaan Hidup

«Kontrol Diri»

:) Alexander Agung memang pantas disebut agung. Karena sebagai seorang raja yang usianya sangat muda, ia sudah memiliki kekuasaan yang amat luas. Hanya patut disayangkan bahwa ia pada saat tertentu tidak bisa menguasai dirinya sendiri. Ketika emosi, ia tidak bisa mengendalikan diri dan akhirnya membunuh sahabat akrabnya dengan tombak.

:) Kitab Amsal menulis, “Orang yang menguasai dirinya melebihi orang yang merebut kota” (Ams. 16:32). Demikianlah kontrol diri amat penting untuk kehidupan kita setiap hari. Walaupun memang tidak bisa dipungkiri bahwa itu tidaklah mudah.

:) Dalam bukunya yang berjudul “Sermon”, Santo Agustinus (354-430) berkata, “Pertentangan berjalan terus di dalam dirimu sendiri. Engkau tidak memerlukan musuh di luar. Kalahkan dirimu sendiri dan engkau telah mengalahkan dunia.”

:) Walaupun sulit, mari kita belajar untuk menjadi pribadi yang bisa mengontrol diri. Jangan biarkan amarah yang mengontrol tutur kata dan sikap kita terhadap orang lain. Tapi pakailah akal sehat, jadilah pribadi yang bijak untuk melihat dan menanggapi setiap persoalan, seperti yang diungkapkan dengan indah dalam ungkapan bahasa Latin: “Vincit qui se vincit” – Pemenang adalah orang yang dapat mengalahkan dirinya sendiri.

<3 PERCIKAN HATI
«Rabu, 16 Maret 2016»

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget