TETAPLAH BERTAHAN

PERCIKAN HATI<3

(*) Motivasi Rohani

TETAPLAH  BERTAHAN

:) Dari jauh, _lamat-lamat (sayup-sayup)_ saya mendengar ada seorang ibu muda yang bersenandung, “Kucoba bertahan, ‘tuk mendampingi dirimu...”

:) Masing-masing kita, tentu pernah bertahan. Bertahan untuk melawan rasa kantuk, bertahan dalam menghadapi kesulitan dengan pasangan hidup, bertahan bekerja dalam kondisi yang tidak kondusif. Dan syair, “Kucoba bertahan, ‘tuk mendampingi dirimu...” – mungkin –  ada benarnya juga.

:) Namun di pihak lain, ada orang yang berpikir bahwa kesulitan yang pernah dialami itu,  suatu saat akan menggembirakan, seperti yang dikatakan sastrawan Romawi Kuno – Ovidius (43 seb. M – 17 M). Katanya, _“Prefer et obdura: dolor hic tibi proderit olim”_ – bertahanlah dan bersabar, kesusahan ini akan berguna bagimu.

:) “No pain, no gain”_ – tak ada penderitaan untuk mendapatkan pencapaian. Keberhasilan tidak semudah membalikkan tangan, namun perlu berjuangan gigih. Dan kita menjadi ingat Pepatah Latin ini, _“Perficit, qui persequitur”_ – yang berhasil adalah dia yang terus bertahan.

:) Ujian, cobaan dan tantangan itu perlu untuk hidup kita, “Tak ada makan siang gratis”. Aktor bela diri Hongkong –  Bruce Lee (1940 – 1973) yang pernah malang-melintang dalam dunia perfilman berkata,  _“Do not pray for an easy life, pray for the strength to endure a dificult one”_ – Jangan berdoa untuk hidup yang mudah, berdoalah untuk mendapatkan kekuatan agar bertahan dari kesulitan.

PERCIKAN HATI<3
Rabu, 09 Mei 2018

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget