NAMA BAIK

PERCIKAN HATI<3

(*) Motivasi Rohani

NAMA BAIK

:) Orang bangga kalau namanya disebut-sebut. Bahkan, ada pembicara yang pandai merangkum apa yang dibicarakan orang-orang dan tentu memuaskan orang-orang yang disebut namanya. _Yach,_ setiap orang berkehendak namanya baik.

:) "Nama baik" bagi orang Jawa sangat penting. Maka ada istilah, _"mikul dhuwur mendhem jero"_ - memikul tinggi-tinggi kebaikan dan memendam dalam-dalam kelemahan orang tua.

:) Banyak orang mengagungkan sebuah makna nama, misalnya: _"nomen est omen"_ - nama adalah pertanda atau "macan mati meninggalkan belang dan manusia mati meninggalkan nama".

:) Untuk itulah selama hidupnya, banyak orang yang berprinsip _"Famam extendere factis"_ - mengembangkan nama baik dengan karya. Orang yang  berkarya dengan jujur, integritas dan  bertanggung jawab, namanya akan dikenang dan akan menjadi _kusuma bangsa._ Simaklah apa yang ditulis oleh Guruh Sukarno untuk mengenang ibunya, "harum semerbak tuk pertiwi".

:) Namun, ada yang berpikir sebaliknya. Orang tidak peduli dengan nama baik. Inilah drama tragedi yang dibesut oleh  Shakespeare (1564 - 1616)  dengan judul _"Romeo and  Juliet."_ Tulisnya, _"A rose by any other name would smell as sweet"_  - bunga mawar disebut dengan nama apa pun akan tetap harum. Jati diri dan kualitas seseorang tidak ditentukan oleh namanya.

PERCIKAN HATI<3
Jumat, 18 Mei 2018

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget