Tanda Akhir Dunia

Selasa, 23 November, 2010
Peringatan St. Klement, Paus dan Martir
Luk.21:5-11: “Tanda Akhir Dunia”

“Menerawang akhir dunia yang semakin mendekat.”

Akhir-akhir ini terjadi banyak bencana alam dan peperangan antar suku, agama bahkan negara. Orang lalu bertanya; “Apakah  semua ini menjadi pemenuhan dari apa yang Yesus katakan dulu tentang  tanda-tanda yang mendahuli akhir zaman?” Sepertinya benar karena apa yang Yesus sebutkan dulu persis sama dengan apa yang sementara terjadi pada masa kita ini.

Bacaan hari ini memuat kata-kata Yesus ini, dan ditempatkan oleh Gereja menjelang Natal, Pesta Kelahiran Tuhan kita Yesus Kristus. Gereja sendiri tidak merasa berhak untuk mengklaim sebagai pihak yang mengetahui persis tentang akhir zaman itu, tidak seperti beberapa aliran agama sesat yang pernah meramalkan tentang akhir zaman, namun akhirnya tidak terjadi. Akan tetapi, apa yang dibuat oleh Gereja adalah lebih menarik minat dan perhatian umat pada kedatangan Yesus dalam peristiwa Natal. Kalau Dia adalah Raja Semesta Alam yang kita baru rayakan pada hari minggu kemarin, maka kita percaya sungguh bahwa dunia ini akan diselenggarakan oleh Sang Raja dengan adil. Hal yang pasti kita belajar dari Kitab Suci bahwa dunia ini dijadikan maka ia pun akan mencapai batas akhirnya, selayaknya hidup manusia dalam peristiwa “lahir – hidup – mati.”

Pelajaran penting yang hendaknya direnungkan dalam bacaan hari ini, yakni kesiap-sediaan hati kita untuk menantikan kedatangan Yesus, kapan pun Ia datang menjemput kita seperti apa yang pernah ia janjikan bahwa: “Kalau tempat itu sudah tersedia maka Ia akan datang untuk menjemput kita, agar di tempat di mana Ia berada, kita pun ada di sana.” Mengisi saat penantian itu adalah dengan berbuat baik dan melakukan pertobatan batin yang sungguh dengan harapan bahwa kita pun akan menikmati firdaus seperti yang Dia pernah janjikan kepada penjahat yang bertobat di tiang gantungan itu.



Teriring salam dan doa kecilku untukmu selalu,

Rinnong

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget