TIADA HARI TANPA GORESAN

PERCIKAN HATI<3

(*) Motivasi Kerja dan Usaha

TIADA HARI TANPA GORESAN

:) Saya pernah membaca tulisan yang sangat singkat pada sebuah kaca mobil di kota Waingapu – Sumba Timur, “Tidak ada orang yang membuat monumen bagi para pengkritik”.

:) Para pengkritik – kecuali kritikus sastra – memang berkecenderungan untuk bicara, _nrocos_ dan _nyinyir._ Mereka mencari kesalahan orang lain yang sedang bekerja. Padahal, mereka sendiri tidak bekerja, “Mana ada orang yang sudi memberi penghargaan bagi para pengganggu?”

:) Bekerja itu menyenangkan, apalagi jika sudah menjadi _passion._ Bahkan bagi para pekerja memunyai kata-kata sakti, _“laborare est orare”_ – bekerja itu adalah berdoa. Oleh karena itu, setiap hari mereka bekerja keras, bukan seperti yang dilakukan _workaholic_ – kecanduan bekerja. Itulah sebabnya, ilmuwan Romawi – Plinius (23 – 79) menelorkan kata-kata indah, _“Nulla dies sine linea”_ – tiada hari yang tanpa goresan. Untuk menciptakan karya-karya besar, setiap hari harus bekerja keras.

:) Bekerja itu menyenangkan, sehingga ada keinginan untuk berkarya dan terus mencipta, bukan untuk diri sendiri, melainkan berkontribusi bagi “dunia”.

:) Semua ini yang utama adalah _“take action”_ – segera bertindak dan bukan NATO _(Not Action Talk Only)._  Walt Disney (1901 – 1966) dalam memaknai pekerjaan, berkata, _“The way to get started is to quit talking and begin doing”_ – Cara untuk memulai adalah berhenti berbicara dan mulai melakukan.

PERCIKAN HATI<3
Kamis, 03 Mei 2018

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget