FILOSOFI POHON


Rubrik Kebijaksanaan Hidup

(*) Filosofi Pohon(*) 

Ada seorang bijak yang bercerita tentang filosofi sebuah pohon. Berikut ini beberapa pelajaran yang bisa petik ketika melihat sebuah pohon :

:) Pohon memperoleh makanan dari tanah melalui akar-akarnya yang bekerja dari dalam. Semakin dalam akarnya, maka semakin banyak pula nutrisi yang diambil. Hal ini mengumpamakan relasi kita dengan Tuhan sebagai Sumber Kehidupan.

:) Bila kita kurang memiliki hubungan yang erat dengan Tuhan, maka hidup kita pun sulit untuk berbuah. Hidup kita sulit untuk berubah menjadi lebih baik jika tanpa campur tangan Tuhan.

:) Pohon senantiasa memberi. Pohon tidak tersinggung ketika buahnya dipetik. Terkadang kita protes dan kecewa karena bukan kita yang menikmati segala kerja keras dan jerih payah yang sudah kita usahakan.

(y) Nah, inilah pentingnya kerelaan untuk memberi. Percayalah kita bekerja bukan hanya untuk diri kita sendiri saja, tapi juga untuk memberi sesuatu kepada orang lain, terlebih mereka yang lebih membutuhkan.

(y) Buah yang dihasilkan pohon memiliki biji. Dan dari biji itu pula kehidupan baru dimulai. Ini berbicara tentang bagaimana hidup kita memberi inspirasi dan pengaruh kepada orang lain. Laksana sebuah biji yang mendatangkan kehidupan baru, hendaknya pula hidup kita senantiasa membawa sukacita dan damai bagi sesama.  

PERCIKAN HATI
Rabu, 23 Desember 2015

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget