Kencan Dengan Tuhan Selasa, 7 Juli 2020 Bacaan: Kolose 3:13

Kencan Dengan Tuhan
Selasa, 7 Juli 2020

Bacaan: Kolose 3:13   "Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian."

Renungan:
   Ada seseorang yang memunyai 2 kantong. Pada kantong yang satu terdapat lubang di bawahnya, tetapi kantong yang lain tidak ada lubangnya. Segala sesuatu yang menyakitkan yang pernah didengarnya seperti kata-kata caci maki, sindiran, gosip dan kata-kata kotor dituliskannya di sebuah kertas, digulung kecil kemudian dimasukkan ke dalam kantong yang berlubang. Tetapi semua yang indah, semua yang benar, semua yang menyenangkan hati dan bermanfaat dituliskan di sebuah kertas kemudian dimasukkan ke dalam kantong yang tidak ada lubangnya. Pada malam hari ia mengeluarkan semua yang ada di dalam kantong tak berlubang, membacanya dan menikmati hal-hal indah yang sudah diperolehnya sepanjang hari itu. Kemudian ia merogoh kantong yang berlubang, tetapi tidak menemukan sesuatu. Maka ia pun tertawa bahagia dan tetap bersukacita karena dari kantong tersebut tidak ada sesuatu yang merusak hati dan jiwanya. 
  Memelihara pikiran-pikiran jahat dan segala sesuatu yang menyakitkan hati, hanya akan membuat kita tidak bisa menikmati kebahagiaan hidup. Jiwa menjadi tertekan dan tidak ada gairah menjalani hidup. Sebuah penelitian menyatakan bahwa sikap hati yang tidak benar seperti sakit hati, iri hati dan kemarahan merupakan penyebab kematian yang cukup serius. Hati yang menyimpan luka juga dapat menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit seperti kanker hati, kanker payudara, kanker paru-paru, mag, migrain dan sebagainya.   
  Sebab itu janganlah menyimpan apa yang tidak baik dalam kantong hati dan hidup kita. Setiap hari kita pasti mengalami kejadian yang menggembirakan walau sedikit. Simpanlah itu semua di kantong tak berlubang. Semuanya itu akan menggembirakan kita. Sebaliknya abaikan dan jangan pedulikan perlakuan yang kasar, ketidakadilan, penolakan, kata-kata kasar dan kotor.  Masukkan semuanya itu ke kantong yang berlubang. Kalau kita bisa melakukannya, maka akan banyak orang diberkati melalui kesaksian hidup kita. Tuhan memberkati.

Doa:
Tuhan Yesus, ajarilah aku untuk menyimpan semua yang baik yang pernah kuterima dari siapapun dan mampukan aku untuk membuang semua kebencian, dendam, iri hati yang berlebihan agar hatiku tetap penuh sukacita. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget