Kamis, 10 Desember 2010
Mat.11:11-15; “Gunakanlah sesuai fungsinya”

“Mendengar adalah sesuatu yang sangat penting dalam hidup dan diri seseorang.
Karena itu, mendengarkan Tuhan adalah awal dari
mempersembahkan diri kepada-Nya.”

            Sangat tidak mengenakkan bila seseorang memiliki telinga tapi ia tak bisa mendengarkan dengan baik. Yang lebih parah adalah jika seseorang memiliki telinga dan mampu mendengarkan tapi apa yang didengarkan tidak mampu diolahnya menjadi sesuatu yang baik dalam kata dan perbuatannya setiap hari.

            Hari ini, Yesus menegaskan sesuatu yang penting, yakni “Siapa bertelinga hendaklah ia mendengarkan.” Apa yang didengarkan? Mendengarkan sabda Tuhan adalah awal bagi seseorang untuk mempersembahkan hidupnya kepada Tuhan, bila apa yang didengarkan, mampu diolahnya dan menghasilkan yang baik dalam kata dan perbuatan.

            Kiranya kata-kata bijak yang lama telah kita dengarkan tapi tetap menjadi bagus untuk direnungkan bisa menjadi bahan permenungan kita di hari ini “jangan cuma mendengar, tapi yang lebih penting adalah mendengarkan.” Kata-kata ini mau menegaskan bahwa mendengarkan dan membiarkan sesuatu yang jahat berlalu adalah sebuah kebijakan jiwa dan otak, tetapi membiarkan sesuatu yang baik, yang didengarkan berlalu tanpa memaknainya, adalah tindakan kebodohan dan ketidak-bijaksanaan. Karena itu, kemampuan untuk membeda sesuatu adalah tindakan kebijakan otak dan jiwa untuk memaknai segala sesuatu yang kita lihat dan dengar setiap hari. Inilah yang pantas kita renungkan hari ini;”Bila sabda Tuhan telah kita dengarkan setiap hari atau setiap hari minggu (bila ke Gereja), apakah sabda itu telah mengubah sikap dan tingka laku kita? “Siapa bertelinga hendaklah ia mendengarkan.”


Teriring salam dan doa kecilku untukmu selalu,

Rinnong

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget