Markus 16: 15-20 , Tuhan Mempercayakan Kita Untuk Meneruskan Karya KeselamatanNya!

 SIRAMAN ROHANI

Kamis, 03 Desember 2020 , Pesta S. Fransiskus Xaverius, Imam dan Pelindung Karya Misi

RP Fredy Jehadin, SVD                                                                                                               

Tema: Tuhan Mempercayakan Kita Untuk Meneruskan Karya KeselamatanNya!

 Markus 16: 15-20                                                                                                                    

Saudara-saudari... Sebelum Yesus Kristus kembali ke Rumah Bapa, Ia memberi perintah kepada para muridNya dengan berkata: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala mahluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, siapa yang tidak percaya akan dihukum.” 

Dari perintah ini, terungkap beberapa pesan yang perlu kita renungkan: 

1) Yesus Kristus mengharapkan agar karya keselamatanNya harus diteruskan agar semakin banyak orang percaya kepadaNya dan dipermandikan supaya diselamatkan. 2) Yesus Kristus juga sadar bahwa tidak semua orang akan percaya kepadaNya walaupun para muridNya berusaha mewartakan kabar gembira itu kepada semua bangsa. 3) Yesus Kristus dengan tegas katakan bahwa barang siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan dan siapa yang tidak percaya akan dihukum.  4) Lewat perintah perutusan ini, Yesus Kristus percaya bahwa para muridNya bisa menjalankan karya keselamatan Tuhan walapun secara fisik Ia sendiri tidak hadir di tengah para muridNya. 

Sesudah memberi perintah kepada para muridNya, Ia juga memberikan jaminan bahwa Roh Tuhan akan turut hadir dalam diri para pewarta kabar gembira. KataNya: “Kamu akan mengusir setan demi namaku; kamu akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru; kamu akan memegang ular; kamu akan meletakan tanganmu atas orang sakit dan mereka akan sembuh.”  


Saudara-saudari... Kalau kita renungkan apa yang dikatakan Yesus Kristus ini, kata-katanya sudah menjadi kenyataan.  Banyak pewarta kabar gembira mendapat kekuatan Tuhan untuk mengusir setan; banyak pewarta kabar gembira lewat bahasa yang sudah diilhami oleh Roh Kudus telah menyentuh hati banyak orang; banyak pewarta kabar gembira,  berkat kekuatan Roh Kudus, lewat penumpangan tangan mereka, orang sakit mengalami kesembuhan.   Kata-kata dan pesan Yesus Kristus selalu membuahkan hasil. 


Saudara-saudari..... Hari ini, kita merayakan Pesta Santo Fransiskus Xaverius. Nama santo Fransiskus Xaverius bukanlah nama asing bagi kita. Ia seorang misionaris Yesuit yang ulung. Ia menjelajahi banyak tempat di Asia, khususnya India, Sri Langka, Malaka dan Indonesia.   Tahun 1546, Ia berlayar dengan kapal dagang ke gugusan kepulauan di Indonesia bagian Timur terutama di Maluku. Ia mengikuti apa yang diperintahkan Yesus Kristus hari ini: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala mahluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, siapa yang tidak percaya akan dihukum.”  


Saudara-saudari... Bagaimana tanggapan kita akan perintah Yesus Kristus hari ini? Apakah kita tetap mewartakan kabar gembira Tuhan kepada sesama kita?  Mewartakan kabar gembira tidak selamanya lewat berkotbah. Pewartaan Kabar Gembira yang sangat mengena di hati banyak orang adalah menjadi saksi Kristus lewat tingkah laku, gerak gerik dan tutur kata kita; entah di dalam keluarga, di tempat kerja atau dalam masyarakat di mana kita tinggal. 


Kita berdoa, semoga Tuhan senantiasa mengetuk hati dan pikiran kita agar kita selalu sadar akan  tugas kita, dan dengan penuh tanggungjawab menjalankannya.    

Kita memohon Santo Fransiskus Xaverius dan Bunda Maria untuk mendoakan kita agar kita selalu setia menjalankan perintah Tuhan dengan penuh tanggungjawab. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget