2 Korintus 5:17 "Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang."

Kencan Dengan Tuhan

Rabu, 2 Desember 2020

Bacaan: 2 Korintus 5:17 "Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang."

Renungan:

  Pada suatu hari, Ratu Victoria mengadakan kunjungan ke suatu pabrik kertas. Tanpa tahu siapa tamu yang datang itu, si mandor mengantarnya dan menunjukkan bagaimana proses pembuatan kertas di pabrik tersebut. Ia pergi ke bagian pensortiran, di mana para pekerja sedang mengeluarkan barang-barang bekas yang diambil dari tempat pembuangan sampah. Setelah mendapat penjelasan tentang proses kerja pabrik kertas itu, ia juga diberitahu bahwa barang-barang bekas tersebut akan menghasilkan lembaran-lembaran kertas yang putih bersih. Setelah kepergian Ratu Victoria, sang mandor baru tahu siapa tamu itu sesungguhnya. Beberapa hari kemudian, Ratu Victoria menerima sebuah bungkusan yang sangat bagus, kertas-kertas tulis yang sangat putih bersih bergambar Ratu. Di dalam bungkusan itu ada tulisan yang menjelaskan bahwa kertas tersebut dibuat dari barang-barang bekas yang pernah dilihatnya. 

  Cerita ini memberi gambaran kepada kita bagaimana Kristus berkarya di dalam diri kita. Sebelum kita mengenal Kristus, kehidupan kita berada dalam kegelapan dosa. Dosa memperbudak kehidupan kita. Allah tidak ingin manusia ciptaan-Nya menjadi binasa. Ia menyatakan kasih-Nya kepada dunia yang penuh dosa. Dia memberikan Yesus bagi dunia yang berada dalam kegelapan. Yesus mengangkat kita dari tempat yang kotor, yaitu lumpur dosa dan membersihkan kita dengan darah-Nya sendiri. Ia menolong kita untuk meninggalkan kehidupan kita yang lama. Setelah menerima Yesus, secara rohani kita menjadi berbeda dengan keadaan kita yang lama. Kristus menjadikan kita manusia baru. Sejak menjadi ciptaan baru, kita harus menjalani kehidupan baru dalam kebenaran dan kekudusan seperti yang diarahkan oleh Roh Kudus yang telah diberikan-Nya di dalam hati kita. 

  Bagaimana dengan kita? Sudahkah hidup kita menjadi ciptaan baru? Bila sudah, adakah kita memberi diri kita untuk dipimpin oleh Roh Kudus agar kita berpikir, berkata-kata dan bertindak sesuai dengan sifat manusia yang baru yang telah dikuduskan-Nya? Tuhan Yesus memberkati.


Doa:

Tuhan Yesus, terima kasih karena Engkau telah menjadikanku anak-Mu dan mengubahku menjadi ciptaan yang baru. Tolong aku untuk hidup dalam kebenaran dan kekudusan, sehingga hidupku memuliakan nama-Mu. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget