Mengajak Anak untuk Berdisiplin

Mengajak Anak untuk Berdisiplin (2)

Untuk mendisiplinkan anak, pertama-tama kita perlu membina relasi yang baik dan penuh kasih dengan mereka. Relasi yang baik itu dapat tercipta bila kita pun memberi contoh dan teladan yang baik. Jika kita memberi teladan yang baik, maka itu akan memudahkan kita untuk membetulkan sikap dan tindakan anak.

Buatlah pula aturan untuk anak seperti kapan harus tidur, harus belajar dan mengerjakan PR, saat bermain dengan teman dan nonton TV atau main game, berpakaian yang rapi dan menepati jam-jam makan.

Ambillah waktu untuk mengkomunikasikan mengapa aturan itu perlu dibuat dan dilaksanakan. Terangkan dengan tenang dan nada suara yang rendah.

Kemudian jangan lupa pula untuk membuat persetujuan tentang konsekuensi jika peraturan dilanggar. Jika peraturan dilanggar, tidak perlu orang tua berteriak, marah, atau menghukum. Orang tua cukup mengingatkan aturan yang telah disepakati dan memberikan konsekuensi. Misalnya waktu bermain berlebihan, maka waktu belajar diperpanjang dan tidak ada nonton TV.

Orang tua harus tegas memberi konsekuensi. Tapi ingatlah juga bahwa aturan kadang-kadang perlu diperbaiki sesuai dengan pertumbuhan anak.

Mendidik anak memang bukanlah hal yang nudah. Tapi percayalah dengan teladan yang baik, usaha yang terus menerus serta doa dari orang tua, anak-anak pasti bisa bertumbuh dan berkembang menjadi anak yang membanggakan.
“Dengarkanlah nasihat dan terimalah didikan, supaya engkau menjadi bijak di masa depan.” (Ams. 19:20)

PERCIKAN HATI
Rabu, 3 Februari 2016

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget