JADILAH BERKAT BUAT ORANG LAIN

"hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga" (Mat.5:16)



~ Sekelompok tentara yang dipimpin oleh seorang Mayor sedang menuju sebuah pos di Himalaya dimana mereka akan ditempatkan disana selama 3 Bulan. Cuaca dingin dari salju yang turun membuat pendakian semakin sulit. Mereka melanjutkan perjalanan hingga akhirnya mereka menemukan sebuah kedai tua,terlihat seperti kedai teh namun terkunci. 


Saat itu hari sudah malam. Sang Mayor menyarankan seluruh tim untuk istirahat karena mereka sudah berjalan selama 3 jam. “Pak,ini kedai teh dan kita dapat membuat teh dsini, kita bisa merusak kuncinya” saran seorang prajuritnya. Sang Mayor pun mengalami dilema terhadap saran yang tidak etis itu, namun memikirkan secangkir teh yang hangat untuk timnya yang sudah kelelahan membuatnya memberi ijin. 

Mereka menemukan apa-apa yang mereka butuhkan untuk membuat teh dan beberapa bungkus biskuit. Setelah mereka minum teh dan makan biskuit, mereka siap untuk melanjutkan sisa perjalanan. 

Sang Mayor berpikir, mereka sudah merusak kunci dan menikmati teh serta biskuit tanpa ijin pemiliknya,padahal mereka bukan pencuri. Ia mengambil Rs 1000 dari dompetnya,meletakannya di atas meja, supaya dapat terlihat pemiliknya.


Setelah Sang Mayor merasa terbebas dari tanggung jawab moral dan mereka melanjutkan perjalanan.

3 Bulan berlalu, tibalah saatnya untuk tim lain yang menggantikan mereka. Saat dalam perjalanan pulang, mereka singgah di kedai teh tadi,kebetulan kedai buka dan pemiliknya ada di kedai. Pemilik kedai tersebut menyambut 15 tamu-tamu tersebut. Mereka membeli teh dan biskuit,mereka berbincang-bincang dengan orang tua itu dan sempat bertanya tentang pengalamannya berjualan teh ditempat yang terpencil itu. Orang tua itu bercerita tentang keyakinannya akan Tuhan.

“Pak,jika Tuhan itu ada, mengapa Ia tidak mengeluarkanmu dari kemiskinan seperti ini?” komentar salah seorang dari mereka.
“Jangan bicara seperti itu, Sobat! Tuhan itu nyata, saya dapat buktinya 3 bulan lalu”
“Saat itu saya sedang dalam kesulitan karena anak saya yang satu-satunya dipukuli oleh teroris yang menginginkan info darinya, yang ia tidak tahu.  Sehingga saya harus menutup kedai saya dan membawa anak saya ke rumah sakit. Ada obat yang harus saya tebus, tetapi saya tidak punya uang. Tidak ada satupun yang mau memberi saya pinjaman, karena takut akan teroris, saat itu saya putus-asa. “Hari itu,saya berdoa dan Tuhan datang ke kedai saya. Saat saya kembali ke kedai, saya menemukan gemboknya dirusak, saya merasa hancur,
saya kehilangan semua yang saya miliki.
Tetapi saya menemukan Tuhan meninggalkan Rs 1000 di meja. Saya tidak bisa menjelaskan betapa berharganya uang itu pada saat itu.
Tuhan itu benar-benar nyata! 15 pasang mata saling pandang. Sang Mayor kemudian bangun dan membayar.. Sambil memeluk orang tua itu dan berkata,
“Iya,bapa, saya tau Tuhan itu nyata”

Para prajurit tertunduk tidak dapat membendung air mata mereka masing-masing melihat kejadian itu.
Ternyata Tuhan bisa memakai siapa saja untuk menggantikan posisi Tuhan didunia ini.

(Yoh.14:12-13) Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barang siapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan yang lebih besar daripada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku,Aku akan melakukannya,supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.

(Mat.25:40) Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget