“RAHASIA DI BALIK PERTUMBUHAN KEKRISTENAN”

(*)Rubrik Inspirasi Kitab Suci

“RAHASIA DI BALIK PERTUMBUHAN KEKRISTENAN”

:)Selain kedua belas rasul yang telah berjasa dalam pendirian jemaat perdana, tanpa Paulus wajah kekristenan tidak akan seperti sekarang ini dan tidak akan sebesar sekarang ini. Karena Pauluslahyang mewartakan Injil ke dunia non- Yahudi termasuk bangsa-bangsa kafir zaman itu.

:)Dia pula yang dalam surat-suratnya, telah memberikan dasar-dasar ajaran dan praktek kekristenan yang membuat Injil dapat dihidupi dan dihayati sesuai konteks masyarakat itu. Tentu ada yang tak sepaham dan menuduh ajarannya merusak inti Injil.

:)Tapi justru Pauluslah yang membuat Injil itu mendarat dalam kehiduapan nyata atas gaya khas pribadi dan komperensi Paulus dengan seluruh kekhasannya.

:)Dia pula yang berperan memperjelas bahwa kekristenan itu bukan salah satu sekte Yudaisme fanatik bahkan kontroversial seperti halnya komunitas Qumran, tetapi sebuah agama baru berdasarkan ajaran Yesus.

:)Para Rasul telah memainkan peranan dalam mewartakan Injil di dunia Yahudi dan sebagian di Yudea dan Samaria, paling jauh di Kaisarea (Kis.1:1). Namun mereka tak bisa menembus dunia kafir karena keterbatasan pengetahuan, budaya dan bahasa serta paham dunia luar. Hanya Pauluslah yang dipilih Allah untuk maksud itu.

:)Tetapi kenapa harus Paulus yang sebelumnya bernama Saulus (Kis. 13:9)? Bukankah ia seorang Yahudi yang mengejar orang Kristen dan menjebloskan mereka ke dalam penjara (Kis. 8:3)? Bagi Allah tidak ada mustahil. Dalam perjalanannya ke Damsyik Kristus yang bangkit memanggilnya intuk tugas itu (Kis.9:1-19a). Yesus Kristusmembutuhkannya untuk penginjilan dan terjadilah demikian.

:)Sahabat, jika kita menghargai jasa perintis awal yang berkorban untuk  gereja, maka kita dapat menjadi rasul dunia modern dengan mengukir iman di lingkungan kita, dengan demikian kita akan merasakan betapa indahnya iman yang kita warisi dan teruskan itu.

<3PERCIKAN HATI
Sabtu, 22 Oktober 2016

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget