FOKUS KEPADA KELEBIHAN

~BBM ROHANI~
<3PERCIKAN HATI

Rubrik Kata Mutiara

FOKUS KEPADA KELEBIHAN.

:)Keberhasilan seseorang lebih banyak ditentukan oleh kelebihannya dari pada kelemahannya. Kris Biantoro misalnya. Penyanyi, MC, dan artis yang terkenal sebagai Kopral Jono dalam sebuah film perjuangan, juga pembawa acara terlaris di TVRI “Dansa Yo Dansa,” “Suka Hati,” dan “Silakan Terka” tahun 1971 ini, berhasil dengan profesinya karena ia mengembangkan kelebihannya dalam bidang tarik suara dan bukan dari kelemahannya.

:)Dia memang pernah bekerja sebagai staf KBRI di Australia bahkan seorang pengajar seni di sebuah universitas di Australia, tapi tidak sukses di situ karena bukan itu yang menjadi kelebihannya.

:)Banyak orang menghabiskan waktu untuk memperkuat kelemahan-kelemahannya. Mulai dari yang namanya penyembuhan luka batinlah, luka inilah luka itulah, yang dianggap sebagai biang keladi semua kelemahan diri. Misalnya saja sikap seorang yang tidak percaya diri dapat disembuhkan melalui proses menggali pengalaman luka batin masa lalu supaya “disembuhkan” sehingga dapat menjadi semakin percaya diri. Entah efektif atau tidak, benar atau tidak, sebenarnya cara semacam ini lebih menjadikan kelemahan sebagai fokus.

:)Namun yang tidak boleh dilupakan bahwa selain memiliki kelemahan manusia juga memiliki kelebihan. Dari pada harus berkutat dengan kelemahan maka alangkah bijaksananya jika bukan kelemahan yang menjadi fokus melainkan kelebihanlah yang harus menjadi fokus untuk dikembangkan dan diberdayakan. Tuhan memberikan kelebihan-kelebihan supaya manusia dapat mengimbangi kelemahannya.

:)Maka kembangkanlah kelebihan yang Tuhan anugerahkan dan manfaatkanlah kelebihan itu untuk perkembangan hidup pribadi dan orang lain. Jangan pernah terfokus kepada kelemahan. Fokus kepada kelemahan hanya akan membuat diri kita terpuruk dan tidak pernah berkembang.(y)

<3 PERCIKAN HATI
Kamis, 27 Oktober 2016

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget