MASA-MASA SULIT

PERCIKAN HATI<3

(*) Motivasi Rohani

MASA-MASA SULIT

:) Setiap orang – tanpa kecuali – pernah mengalami masa-masa sulit. Masa-masa, ketika seseorang tidak diterima dalam suatu komunitas atau masa-masa, tatkala bermasalah dengan pimpinan yang memegang tongkat komando atau mungkin masa-masa  bermasalah dengan diri sendiri.

:) Yang lebih mengerikan lagi, saat tidak punya tempat untuk “mengaduh” atau “mengadu”. Orang berkata, “Aduh menderitanya aku” atau “Aduh, sulitnya hidupku ini”. Dan kata-kata “aduh” ini tidak ada yang mendengarkan. Seolah-olah, orang ini senada dengan yang dikatakan sastrawan Romawi Kuno – Cicero (106 – 43 seb. M), _“Lucem aspicere vix possum”_ – dengan susah payah aku (dapat) melihat cahaya. Tidak ada cahaya sedikit pun tatkala dalam masa-masa sulit. Padahal, meskipun dalam masa-masa sulit, orang merindukan _“Lux in tenebris”_ – cahaya dalam kegelapan (Yoh 1: 10).

:) Orang yang menghadapi masa-masa sulit, biasanya bermuram durja, seolah-olah tiada akan berakhir. Namun kita harus yakin bahwa cepat atau lambat, masa-masa sulit itu pun  akan berakhir. Bahkan kaisar Prancis – Napoleon Bonaparte (1769 – 1821) memberi nasihat seperti ini, _“Ubicumque felix”_ – Berbahagialah selalu. Ungkapan ini merupakan _motto_ sang kaisar saat menghadapi masa-masa sulit.

:) Lantas, tak jarang kita mengalami sendiri bahwa ketika menghadapi masa-masa sulit, kita sulit tersenyum. Dengan penuh keyakinan penyair Romawi Kuno – Virgilius (70 – 19 seb. M) pun berkata, _“Paulo maiora canamus”_ – mari bernyanyi untuk yang lebih besar.

PERCIKAN HATI<3
Jumat, 25 Mei 2018

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget