“Ia sedang Mencarimu”

Sabtu, 25 Desember 2010
HARI RAYA NATAL 2010
Yoh.1:1-18;

“Tidak ada sangkalan bahwa Anda sedang mencari Tuhan,
tetapi jika setiap kali Natal tiba maka inilah yang hendak Anda sadari bahwa Tuhan sedang mencari dan menemukan Anda.”



          Pernah saya posting dalam refleksi harian bahwa “Natal membawa damai, pasti diiyakan oleh semua. Akan tetapi apakah keadilan menjadi pengalaman setiap orang di waktu Natal? Mungkin kita harus berefleksi tentang tema ini bahwa “tiada kedamaian tanpa keadilan. Dengan kata lain kedamaian tanpa keadilan adalah sesuatu yang tak bermakna.

            Injil Yohanes hari ini menceritakan tentang dari mana Sang Sabda atau Sang Juru Selamat itu datang dan apa yang menjadi misi-Nya. Yohanes menulis: “Pada awalnya ia hidup bersama Allah dan Ia datang kepada mereka yang hidup dalam kegelapan agar kegelapan itu lenyap dan sinar kemuliaan Allah bersinar di dalam hati semua orang.” Dosa adalah kegelapan dan kegelapan adalah kuasa iblis yang bukan hanya menyengsarakn raga tapi terlebih batin manusia. Karena itu, jika hari ini kita merayakan Natal maka pikiran dan hati kita harus diarahkan kepada “perwujudan rencana Allah untuk datang dan tinggal di antara kita, mencintai kita sebagai mana adanya, dan Yang nantinya akan membawa pulang kita kepada Diri-Nya, agar di mana Ia tinggal, di sanalah kita berada.”

            Oleh karena itu, bacaan hari ini mengajak kita untuk menyadari sebuah kebenaran ini bahwa “bukan masalah kita mencari Tuhan, tetapi Tuhanlah Yang telah mencari kita, sekarang Ia menemukan kita, dan nantinya Ia akan membawa pulang kita kepada Diri-Nya sendiri.” Semoga saja Natal kali ini dirayakan dengan penuh kedamaian, dan keadilan menjadi buah Natal yang bukan saja kita alami melainkan juga kita bagikan kepada orang lain di sekitar kita.


Selamat Pesta NATAL 2010


Salam dan doa kecilku untukmu selalu,

Rinnong

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget