“Bawalah Terang ke Dunia.”

Bacaan I               : Yes 8:23-9:3
Bacaan II              : 1 Kor 1:10-13,17
Injil                            : Mat. 4:12-23;


“Dipanggil mewartakan cinta kasih Allah kepada dunia adalah bagaikan membawa lilin di tengah kegelapan.”


          Bacaan pertama dari kitab nabi Yesaya mewartakan sebuah harapan kepada kita tentang terang bagi mereka yang hidup dalam kegelapan dunia dan dosa. Yesaya mengajak umat untuk percaya bahwa terang telah datang dan mereka yang hidup dalam kegelapan dosa akan melihat terang yang sesungguhnya.

            Bacaan Injil menceritakan tentang panggilan murid-murid yang pertama dari seorang penjala ikan yang akan dijadikan Yesus sebagai penjala manusia. Yesus sendiri menujukkan diri-Nya sebagai seorang penjalan manusia yang handal lewat pengajaran dan penyembuhan yang diberikan-Nya. Dengan ini, Yesus menjadikan Diri-Nya pemebuhan dari apa yang dinubuatkan oleh nabi Yesaya bahwa sebuah terang telah datang ke dunia, dan betapa Dia mengharapkan para murid-Nya menerima cahaya-Nya itu dan kemudian membawanya untuk menerangi hidup orang lain, yang masih hidup dalam kegelapan dosa. Lewat pengajaran dan penyembuhan yang diberikan oleh-Nya, Ia mewartakan sebuah harapan akan kesembuhan dan pengampunan dosa kepada umat. Ia meyakinkan umat bahwa Allah kita adalah Allah yang Maha pengampun yang akan memberikan tempat di hati-Nya untuk orang-orang berdosa yang bertobat.

            Dalam buku baru dari Paus Benediktus XVI, sebagai hasil wawancara wartawan Jerman Peter Seewald, Paus menekankan banyak hal seperti tentang penggunaan kondom, tentang dialog, tentang rahasia kepemimpinannya, dan berbagai hal lain. Menyimak dari semuanya itu, Peter Seewald merangkumnya dalam sebuah judul yang indah dan penuh inspirasi, yakni “Light of the World.” Intinya, kita dipanggil untuk membawa terang kepada dunia dan kita seharusnya menjadikan diri kita terang itu lewat kata dan perbuatan kita setiap hari. Semoga saja Injil hari ini memberikan dorongan yang lebih kepada kita sekalian untuk menjadi terang dan membawa terang kepada orang lain.


Selamat berhari minggu.                     Minggu, 23 Januari 2011

Salam dan doa kecilku untukmu selalu,

Rinnong

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget