“Ada misi dalam Panggilan”

Mrk. 1:14-20; 
“Perutusan selalu ada dalam panggilan.
Kita dipanggil bukan untuk tinggal menjadi anggota Gereja pasif
melainkan untuk diutus.”

           Menjadi anggota Gereja serentak kita diemban 3 tugas utama Gereja untuk memimpin, mengajar dan menguduskan. Rasanya kita yang kerdil ini tak sanggup dan pantas untuk mengemban misi besar itu, namun bila Anda sadari maka di sana ada sebuah nilai kepercayaan dari Tuhan lewat Gereja-Nya kepada kita yang merasa diri kecil dan rapuh ini. Tuhan tahu bahwa kita mampu makanya Ia memanggil kita menjadi anggota Gereja-Nya agar kemulian Tuhan dimuliakan oleh setiap insan lewat kehadiran kita, lewat tutur kata dan perbuatan baik kita setiap saat.

            Bacaan hari ini menampilkan moment panggilan kepada murid-murid yang pertama; Petrus, Andreas, Yakobus dan Yohanes. Kepada mereka, Yesus hanya mengatakan “Ikutilah Aku dan kamu akan kujadikan penjala manusia.” Kalimat pendek ini sudah merangkum semua yang harus dilakukan oleh seorang yang terpanggil menjadi murid Yesus. Kita dipanggil menjadi anggota Gereja. Di sana kita dibentuk dan dibekali lewat ajaran dan baca Kitab Suci, dan kemudian kita pun di utus mewartakan kepada sesama Tuhan yang kita kenal lewat Gereja kita. Dengan kata lain, setiap orang dipanggil dan kepadanya diberikan misi untuk mewartakan sabda Tuhan kepada orang lain lewat kata dan perbuatan kita.

            Oleh karena itu, membaca dan merenungkan bacaan ini, kisah panggilan murid-murid yang pertama selalu mengingatkan kita untuk mengevaluasi kembali keterlibatan kita dalam tugas perutusan kita masing-masing dengan bertanya; “Apa yang telah, sedang dan akan saya lakukan untuk Tuhan dan Gereja-Nya?” Atau bagiku cukup saja menjadi seorang anggota Gereja tanpa sebuah misi/tugas perutusan? Aku mengharapkan keselamatan pribadi tanpa berbuat sesuatu untuk dan demi keselamatan orang lain? Semoga saja kesadaran akan hakekat panggilan kita, membuat kita siap sedia setiap saat untuk mengemban misi mewartakan sabda Tuhan kepada orang lain di sekitar kita lewat tutur kata dan perbuatan baik kita setiap saat.

Senin, 10 Januari 2011

Teriring salam dan doa kecilku untumu selalu,

Rinnong

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts Widget